Ketahui Jenis dan Gejala Hipertensi (Darah Tinggi)

No Comments
Gejala Hipertensi
Gejala Hipertensi

Jenis dan Gejala Hipertensi (Darah Tinggi)


Darah tinggi atau bahasa medisnya lebih dikenal dengan hipertensi. Merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan tekanan darah yang melonjak tinggi lebih dari normal. Yang akibatnya membuat ketahanan tubuh seseorang menjadi terganggu, dan bahkan untuk sebagian besar yang mengalami hal ini kemudian terjadi komplikasi penyakit lainnya, seperti diabetes melitus, jantung, dan penyakit-penyakit yang dirasa berat. Tekanan darah tinggi, sering kali dikeluhkan oleh mereka yang telah berusia lebih dari 18 tahun, yang telah dikategorikan usia dewasa. Namun, untuk saat ini tidak sedikit pula yang masih remaja mengalami tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena gaya hidup yang kurang baik, serta pola makan yang kurang teratur, dan berat badan yang lebih dari normal (obesitas). Hipertensi yang terjadi pada remaja biasanya kurang begitu menampakkan gejala hipertensi seperti pada orang dewasa.

Hipertensi memiliki dua jenis istilah, yakni primer dan sekunder. Hal ini dibedakan atas dasar faktor penyebabnya. Untuk primer, ini lebih banyak terjadi. Yang disebabkan karena faktor yang telah disinggung sebelumnya, yakni berat badan yang berlebihan, kurang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi serta serat, dan faktor lainnya. Dan untuk hipertensi sekunder, jenis yang kedua ini memang jarang terjadi bahkan kurang lebih hanya sekitar 5%. Yang disebabkan karena adanya faktor penyakit lain yang berasarang di tubuh, dan karena faktor obat-obatan yang dikonsumsi.

Gejala hipertensi sendiri, dapat dilihat pada beberapa kasus tekanan darah yang telalu tinggi. Namun meski begitu, anda perlu mengetahui beberapa gejala yang ditimbulkannya, sehingga anda akan lebih memperhatikan kesehatan anda sendiri maupun orang terdekat. Berikut beberapa gejalanya, pusing serta sakit kepala yang tidak seperti biasanya. Kemudian rasa mual dan bahkan muntah. Ciri lainnya yakni, pandangan yang menjadi nampak kurang jelas, pundak terasa berat dan kurang nyaman. Gejala ini untuk sebagian orang kemungkinan sama dan mungkin pula berbeda, dikarenakan faktor serta berat ringannya hipertensi yang diderita.




0 komentar

Posting Komentar